Sunday, July 21, 2013

nota Kuliah PQE3101- 25/07/2013
Definisi kemukjizatan dan ketetapannya

Mukjizat al-quran atau I'jas adalah menetapkan kelamahan. Kelemahan menurut pengertian umum adalah ketidak mampuan mengerjakan sesuatu, lawan dari kemampuan.

Tahapan Rasulullah dalam menantang orang-orang arab tentang Al-qur'an:

1. Menentang mereka dengan seluruh al-Qur'an

2. Menentang dengan sepuluh surah

3. Menentang dengan satu surah

Aspek-aspek kemukjizatan:

- Abu Ishak Ibarahim an-Nizam (syi'ah), bependapat bahwa kemu'jizatan al-Qur'an adalah dengan cara sirfah . Sirfah adalah bahwa Allah memalingkan orang-orang Arab untuk menentang al-Qur'an padahal mereka mampu untuk menghadapinya.

- Ada yang berpendapat: "Aaal-quran itu mu'jizat dengan balaghahnya yang mencapai tingkat tinggi dan tidak ada bandingnya.

- Segi kemukjizatan Al-Qur'an kerana ia mengandung badi' yang sangat unik dan berbeda dengan apa yang telah dikenal dalam perkataan orang Arab.

- Kemukjizatan Al-Qur'an terletak pada pemberitaannya tentang hal-hal ghaib yang akan datang yang tidak dapat diketahui kecuali dengan wahyu.

- Al-Qur'an itu mukjizat kerana ia mengandung bermacam-macam ilmu dan hikmah yang sangat dalam. Dan masih banyak lagi aspek-aspek kemukjizatan yang lainnya yang berkisar pada tema-tema di atas.

Kadar kemukjuzatan Al Qur'an

a. Golongan Mu'tazilah berpendapat bahwa kemukjizatan itu berkatan dengan keseluruhan Al Qur'an, bukan dengan sebagiannya atau setiap surahnya yang lengkkap.

b. Sebagian ulama berpendapat, sebagian kecil atau sebagian besar dari al Qur'an, tanpa harus satu surah penuh , juga merupakan mukjizat.

c. Ulama lain berpendapat, kemukjizatan itu cukup hanya dengan satu surah yang lengkap sekalipun pendek, atau dengan ukuran satu ayah Al Qur'an, baik satu ayat atau beberapa ayat.

Kemukjizatan bahasa

- Sejarah bahasa arab tidak pernah mengenal suatu masa dimana suatu bahasa berkembang sedemikian pesatnya melainkan tokoh-tokoh dan guru-gurunya bertekuk lutut dihadapan bayan qur'ani, sebagai manifestasi pengakuan akan ketinggian akan ketinggiannya dan mengenali rahsia-rahsianya.

- Di dalam Al Qur'an jalinan-jalinan huruf-hurfnya serasi, ungkapannya indah, uslubnya manis, ayat-ayatnya teratur serta memperhatikan situasi dan kondisi dalam pelbagai bayannya.sehingga orang arab tidak dapat menandinginya meskipun ia turun ditengah mereka.

- Kemukjizatan itu di dapatkan dalam keteraturan bunyinya yang indah melalui nada huruf-hurufnya, sehingga telinga tak pernah bosan mendengarnya.

- Kemukjizatan pula di dapatkan dalam macam-macam khitab, dimana berbagai golongan manusia yang berbeda tingkat intelektualisme.

- Kemukjizatan pula ditemukan pada sifatnya yang memuaskan akal dan menyenangkan perasaan. Dll.

Kemukjizatan ilmiyah

Kemukjizatan Al Qur'an secaara ilmiyah terletak pada dorongamn kepada umat islam untuk berfikir disamping membuka bagi mereka pintu-pintu pengetahuan dan mengajak mereka untuk mamasukinya, maju di dalamnya dan menerima segala ilmu pengetahuan ilmu yang baru, mantap dan stabil.

Contoh –contoh kemukjizatan ilmiyah:
1. Oksigen sangat penting bagi pernafasan manusia, ia berkurang pada lapisan udara yang tinggi, semakin manusia berada di lapisan udara , maka ia aka merasa sesak dada dan sulit bernafas. Al An'am : 125

2. Atom adalah bahagian yang tidak dapat di pecahkan . Yunus: 61

3. Berkenaan dengan embriologi. At thariq: 5-7. al alaq : 2. dan al hajj : 5.

4. Tentang kesatuan kosmos dan keperluan kehidupan pada air. Al Anbiya :30 dll

Kemukjizatan tasyri'

Sepanjang sejarah, sistem perundang –undangan dan tasyri' bertujuan untuk mencapai kebahagiaan individu di dalam masyarakat yang utama. Al Qur'an menjawab semua persoalan ini :

Qur'an memulai dengan pendidikan individu dan menegakan pendiikan individu diatas penyucian jiwa dan rasa pemilkulan tanggung jawab.

Qur'an menyucikan jiwa dengan akidah tauhid yang menyelamatkannya dari kekuasaan khurafat dan waham serta membebaskan manusia dari belenggu nafsu dan syahwat.

Alam adalah makhluk ciptaan Allah, ia akan kembali kepadanNya dan akan hancur, sebagaimana ia ada menurut kehendakNya.

Zakat mencabut dari dalam jiwa sifat bakhil, pemujaan harta dan ketamakan dunia.

Haji adalah perjalanan yang dapat menghibur jiwa dari kesulitan dan membukakan hati terhadap rahasia-rahasia Allah dalam makhluk-makhlukNya.

Kemudian islam berpindah ke pembagunan keluarga, karena keluarga adalah benih masyarakat

Kemudian datanglah sistem pemerintahan yang mengatur masyarakat islam. Dan Islam telah menetapkan kaedah-kaedah pemerintahan ini dalam bentuk yang palin ideal dan baik.

Soalan Tutorial:
1. Apakah yang dimaksudkan I'jaz secara bahasa dan apakah maksud I'jaz Al-Quran
2. Dari segi apakah Al-Quran dapat dikatakan I'jaz (melemahkan para penentangnya)


No comments:

Post a Comment